Kelurahan Keparakan adakan Workshop Penanganan Masalah Sosial

Keparakan-Bangkit Maju Jaya - Pelaksanaan kegiatan sebagaimana telah diusulkan masyarakat dalam musrenbang di tingkat kelurahan, diantaranya kegiatan tersebut adalah Workshop Penanganan Masalah Sosial, dimana workshop ini telah dilaksanakan di Pendopo Bima Jaya Kelurahan Keparakan Rabu (14/8/2024). Tujuan dari workshop ini adalah memberikan bekal pengetahuan kepada para peserta workshop tentang bagaimana menangani permsalahan sosial di lingkungan masyarakat. 

Workshop ini dihadiri oleh Lurah Keparakan, perwakilan lembaga dan masyarakat sebagai peserta.  Adapun sebagai Narasumber adalah Dwi Purwanto sebagai anggota Babinsa dan Pitaya Priya Pratama anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di Kelurahan Keparakan.

Permasalahan sosial merupakan suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Permasalahan sosial adalah sebagai suatu kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar warga masyarakat.

 

Upaya yang paling efektif untuk memecahkan permasalahan masyarakat adalah dengan melibatkan sebanyak mungkin anggota masyarakat . Menemukan cara-cara kreatif untuk melibatkan anggota masyarakat di semua tingkatan akan sangat membantu dalam menemukan solusi efektif terhadap permasalahan masyarakat. 

Upaya preventif adalah usaha yang bersifat mencegah dan antisipatif agar masalah sosial tidak timbul dalam masyarakat. Misalnya dengan cara menyadarkan masyarakat tentang nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat, serta memberikan contoh perilaku yang baik.