Workshop Pendampingan  Disabilitas di Kelurahan Keparakan

Keparakan-Bangkit Maju Jaya. Kelurahan Keparakan menyelenggarakan Workshop Pendampingan Disabilitas di Pendopo Bima Jaya Kelurahan Keparakan Senin (12/8/2024). Kegiatan ini bertujuan  untuk memberikan bekal pengetahuan kepada peserta workshop dalam melakukan pendampingan dan komitmen bersama untuk memenuhi Kebutuhan Pelayanan Penyandang Disabilitas di wilayah Keparakan. 

Dalam kesempatan itu narasumber menyampaikan materi bahwa peranan pendamping sangatlah penting terutama dalam upaya pemenuhan kebutuhan pelayanan maupun rehabilitasi sosial kepada penyandang disabilitas. Tentunya dengan pemberian pelayanan yang tepat, tanggung jawab, kasih sayang, juga komitmen bersama untuk menghormati, memajukan, melindungi dan memenuhi hak penyandang, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Keluarga sebagai lingkungan terdekat menjadi bagian penting yang dapat memberikan dukungan sosial kepada penyandang disabilitas. Pentingnya dukungan sosial keluarga bagi anak disabilitas. Bahwa, ibu, bapak, dan keluarga merupakan lingkungan pertama dan juga terdekat yang dapat menjadi sumber dukungan yang alamiah bagi anak disabilitas. Dukungan keluarga dan lingkungan merupakan sistem dukungan yang dapat mengurangi resiko depresi dan tekanan dalam kalangan penyandang disabilitas fisik.

Dukungan sosial keluarga dapat menjadi kekuatan bagi penyandang disabilitas untuk membuat hidup mereka lebih bermakna. Seseorang yang mendapatkan dukungan sosial dapat memiliki “tenaga tambahan” untuk bertindak atau melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan atau keperluannya. Keadaan tersebut berlaku karena dukungan sosial menjadi sumber motivasi ekstrinsik yang mendorong sesuatu tindakan/kegiatan, memberikan kekuatan yang mengarah kepada pencapaian tujuan. Penguatan dukungan sosial keluarga merupakan satu kebutuhan penting agar keluarga sebagai lingkungan terdekat bagi anggotanya, dapat menjadi sistem sumber alamiah yang potensial mendukung peningkatan kualitas hidup penyandang disabilitas.