Pelatihan Manajemen Bank Sampah Di Kelurahan Keparakan

Keparakan - Bangkit Maju Jaya. Kelurahan Keparakan menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Bank Sampah di Pendopo Bima Jaya Kelurahan Keparakan Rabu (17/7/2024). Pelatihan ini bertujuan  untuk mengatasi permasalahan sampah yang dihadapi oleh masyarakat Kota Yogyakarta dengan cara manajemen pengolahan sampah di wilayah. Materi dari pelatihan ini adalah tertib administrasi yaitu kelengkapan dan kerapian dokumen administratif, sehingga kegiatan apa saja yang dilakukan oleh bank sampah siap untuk diperiksa dan dipertanggungjawabkan. Manfaat Pencatatan yaitu Berat, Jenis, dan volume sampah terdata, transparan dan lebih mudah dalam pelaporan data bank sampah. Adapun buku pencatatan bank sampah yaitu buku register sampah, buku bantu bank sampah, buku rekapitulasi bank sampah, buku daftar harga sampah, buku Tabungan bank sampah, buku kas bank sampah, buku tamu dan buku kegiatan bank sampah. 

Adapun sebagai narasumber dalam pelatihan ini faskel forum bank sampah yaitu narasumber yang telah banyak terjun menangani permasalahan sampah di wilayah. 

Dalam sambutannya Lurah Keparakan, Yusuf Ahbari menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta pelatihan semoga dengan pelatihan ini masyarakat dapat mengelola sampah secara mandiri dan berkontribusi mengurangi sampah organik maupun organik mulai dari skala rumah tangga.