Kampung Dipowinatan Mewakili Kelurahan Keparakan Dalam Lomba Kampung ProKlim Tingkat Kemantren

Keparakan - Bangkit Maju Jaya.  Tim Verifikasi Lomba Program Kampung Iklim (Proklim) tingkat Kemantren Mergangsan tahun 2024, mengunjungi Kampung Dipowinatan, Kelurahan Keparakan, Kemantren Mergangsan Kota Yogyakarta, Selasa (16/07/2024). Kampung Dipowinatan merupakan wakil Kelurahan Keparakan untuk mengikuti lomba ini. 

Tim yang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Pertanian dan Pangan (DPP), TP PKK Kemantren Mergangsan, Faskel Bank Sampah Kemantren Mergangsan Kota Yogyakarta dan Kemantren Mergangsan, memverifkasi administrasai dan meninjau lapangan serta mengecek sejumlah titik lokasi lorong sayur di kampung Dipowinatan.

Dalam kesempatan ini Mantri Anom Kemantren Mergangsan, Wulan Purwandari mewakili tim menyampaikan sambutan bahwa dalam upaya melakukan pengendalian perubahan iklim dengan pemberdayaan lingkungan dan  menilai  kondisi masyarakat untuk adaptasi , mitigasi dan antisipasi adanya perubahan iklim maka tim melakukan peninjauan terhadap kegiatan warga dalam mendukung proklim (program kampung iklim).  

Program Proklim ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai perubahan iklim dan dampaknya. Kemandirian Masyarakat: Menumbuhkan kemandirian masyarakat dalam melaksanakan adaptasi perubahan iklim, termasuk menjaga nilai-nilai kearifan tradisional.

upaya yang dilakukan untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya. Yaitu mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi Gas Rumah Kaca (GRK).

Sebelum Tim melakukan verifikasi terlebih dahulu dilakukan penyerahan buku profil Kampung Dipowinatan dan dilanjutkan pemaparan/presentasi oleh Maha Deva wakil dari Kampung Dipowinatan  dengan menjelaskan profil kampung Dipowinatan dan kesiapan dalam menyambut lomba Proklim di tingkat kemantren ini.