Pelatihan Pengelolaan Toga Dengan Pembuatan Jamu Instan

Keparakan - Bangkit Maju JayaPelatihan Pengelolaan Toga dengan Pembuatan Jamu Instan di Kelurahan Keparakan dilaksanakan di Pendopo Bangkit Maju Jaya, Kamis (11/07/2024). Peserta pelatihan ini diikuti dari perwakilan warga di empat kampung Kelurahan Keparakan. 

TOGA merupakan singkatan dari tanaman obat dan keluarga yang sudah umum ditemukan di kawasan pedesaan dan juga di perkotaan. Selain berfungsi sebagai penghijau lingkungan tanaman TOGA juga dapat dimanfaatkan sebagai obat atau jamu yang kemudia dijuluki dengan menyebut sehari-hari dengan tanaman herbal atau apotek hidup. Hal sebagai upaya kesehatan masyarakat.

Tanaman Obat Keluarga (TOGA) merupakan tanaman budidaya yang dapat ditanam secara rumahan dan tanaman tersebut dimanfaatkan sebagai obat. Banyak masyarakat cenderung menggunakan obat herbal dibandingkan obat kimia dipengaruhi oleh faktor berupa harga obat-obatan dari pabrik lebih mahal. Selain itu obat kimia memiliki efek samping yang ditimbulkan lebih besar dibandingkan dengan obat herbal.

Budaya masyarakat untuk kembali memanfaatkan tumbuhan untuk dijadikan sebagai alternatif obat menjadi semakin luntur sehingga perlu digalakan/dikenalkan lagi toga.

Dalam kesempatan ini Lurah Keparakan, Yusuf Ahbari menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi warga untuk mengikuti pelatihan toga ini. Tujuan dari pelatihan ini adalah memperkenalkan kembali jenis-jenis tanaman obat keluarga (TOGA) kepada masyarakat di kelurahan Keparakan dan memunculkan kembali budaya pemanfaatan tanaman herbal. Selain itu, kegiatan ini bermanfaat untuk membantu penghijauan di lingkungan.