Melestarikan Budaya Jawa Dengan Pelatihan Pomo Pami

Keparakan - Bangkit Maju JayaKelurahan Keparakan telah menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Pomo Pami di Pendopo Bangkit Maju Jaya, Selasa (09/07/2024). Pelatihan ini adalah sejenis pelatihan Pranatacara yang di dalamnya ada sambutan untuk acara tertentu. Dengan pelatihan ini merupakan bagian dari pelestarian budaya Jawa yang adiluhung sebagai sumber kearifan dalam kehidupan bermasyarakat dan mencerminkan identitas lokal masyarakat Jawa. Pomo Pami/Pranatacara sering dihubungkan dengan upacara adat Jawa, seperti acara pengantin (temanten), kematian (kesripahan), pertemuan (pepanggihan), perjamuan (pasamuan), pengajian (pengaosan), pentas, dan sebagainya.

Untuk membuat sebuah teks bahasa Jawa dalam pelatihan pama pami ini, perlu keahlian dan pemahaman, termasuk dalam membuat contoh teks pranatacara. Meskipun hanya digunakan dalam acara-acara tertentu, akan tetapi masyarakat perlu mengetahui tata caranya.

Dalam kesempatan ini Lurah Keparakan, Yusuf Ahbari menyampaikan pesan bahwa semakin maraknya budaya asing yang masuk ke Indonesia akan menggerus budaya lokal dan mempengaruhi karakter bangsa Indonesia. Diharapkan dengan pelatihan pama pami ini budaya jawa di wilayah Kelurahan Keparakan akan terus terjaga dan lestari hingga ke generasi anak cucu kita kelak.

Narasumber dalam pelatihan ini adalah Sumarno yaitu salah satu narasumber yang sudah kompeten dalam berbagai acara adat jawa dengan tutur bahasanya yang halus dan memahami benar susunan suatu acara menggunakan bahasa Jawa krama Inggil.