KENDURI SURO KAMPUNG KEPARAKAN LOR

keparakan - Kenduri Suro merupakan kegiatan Merti Kampung yang setiap tahun selalu dilaksanakan di Kelurahan Keparakan khususnya di kampung Keparakan Lor untuk memperingati tahun baru Islam 1446 Hijriah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 6 dan hari Minggu tanggal 7 Juli 2024.. Acara diawali pada hari Sabtu malam dengan do'a bersama di Balai RW 9 Keparakan Lor dilanjutkan dengan pelepasan udik-udik ke Sungai Code. Acara ini dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Mergangsan, Lurah Keparakan, Dinas Kebudayaan DIY, Dinas Sosial Kota Yogyakarta dan tokoh masyarakat Kampung Keparakan Lor.

Keesokan harinya acara Kenduri Suro diisi dengan Kirab Bregodo dan Gunungan. Gunungan yang diarak berjumlah 2 (dua) buah yang masing-masing berisi hasil pertanian dan produk dari UMKM di Keparakan Lor. Kirab ini akan mengitari Kampung Keparakan Lor dan setelah finish nantinya gunungan akan dibagikan kepada warga yang menyaksikan kirab tersebut. Kirab dilepas oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo. Turut hadir pada acara ini Mantri Pamong Praja Mergangsa, Lurah Keparakan, Forkopimtren dan para tokoh masyarakat se Kelurahan Keparakan.

Pada kesempatan ini Lurah Keparakan Yusup Ahbari menyampaikan bahwa di Kelurahan terdapat 4 (empat) kampung dan salah satunya adalah kampung Keparakan Lor yang secara rutin menggelar acara ini.Setelah acara ini akan digelar acara merti kampung di kampung yang lain. Harapannya acara ini bisa turut mengangkat potensi dari masing-masing kampung dan mendongkrak perekonomian lewat produk UMKM yang ada di Keparakan.