Kelurahan Keparakan adakan Pelatihan Guide Wisata

Keparakan - Kelurahan Keparakan menyelenggarakan pelatihan Guide Wisata atau Pemandu Wisata di Pendopo Bangkit Maju Jaya Senin (20/04/2024). Pelatihan ini merupakan pelatihan dasar sebagai bekal pengetahuan dan kemampuan kepada peserta pelatihan agar mampu mengembangkan kemampuan SDM pramuwisata. Dengan pelatihan ini diharapkan peserta mengetahui dan memahami bagaimana merencanakan pemanduan wisata khususnya di kampung wisata dan peserta mampu memandu wisatawan secara professional dan sesuai dengan standar yang ada.

Sebagai narasumber dalam pelatihan ini adalah Rudatin Murniati salah satu tenaga profesional di bidang pemandu wisata dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Daerah Istimea Yogyakarta. Dalam kesempatan itu Rudatin memberikan paparan materi tentang mengenal profesi pramuwisata dan dasar-dasar pengetahuan tentang pemandu wisata. 

Narasumber yang kedua adalah Agra Zulfanuddin adalah anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Keparakan dan pegiat kampung wisata di Kampung Dipowinatan. Dalam paparannya Agra menjelaskan tentang bagaimana mengenal Pokdarwis dan Kampung Wisata di wilayah Keparakan. 

Narasumber yang terakhir adalah Mahadeva Wahyu Sugiyanto pegiat kampung wisata di Kampung Dipowinatan. Mahadewa memaparkan tentang bagaimana menjadi pemandu wisata lokal dalam kepariwisataan.