JEMPARINGAN HANTU MAUT GELAR SYAWALAN DAN GLADEN ALIT

keparakan - Di penghujung bulan April 2024 ini Jemparingan Hantu Maut 1948 Pujokusuman kembali menggelar acara Gladen Alit dan sekaligus syawalan bersama komunitas dan stakeholder terkait. Acara di gelar di halaman SD Pujokusuman pada hari Sabtu tanggal 27 April 2024. Ketua Panitia Yulianta membuka acara, dilanjutkan prakata dari Ketua jemparingan Hantu Maut Danang Rusmandoko. Lurah Keparakan Yusup Ahbari berkesempatan memberikan sambutan sekaligus menyampaikan harapannya agar Kegiatan Gladen Jemparingan ini bisa terus dilestarikan dan tidak hanya diikuti oleh warga di Keparakan saja tetapi bisa menyebar ke wilayah lainnya. Dari unsur Forkopimtren turut hadir pula Kapolsek Mergangsan dan Kepala Jawatan Sosial Kemantren Mergangsan mewakili Mantri Pamong Praja Mergangsan.

Gladen Alit ini juga diikuti oleh peserta dari luar wilayah DIY sehingga bisa dikatakan Gladen jemparingan khususnya Gaya Mataram Klasik mempunyai penggemarnya tersendiri meskipun itu di luar wilayah DIY. Jarak Pemanah dari titik sasaran sejauh kurang lebih 30 meter. Sasaran tidak berbentuk bola melingkar yang berwarna warni tetapi berbentuk menyerupai boneka yang digantung (nggandhul). Penyelenggara menyediakan hadiah menarik bagi para pemanah yang berhasil mengenai bandul sasaran. Hadiah berupa mie instan, sabun cair, minuman dan makanan ringan. Selain itu hadiah piala diberikan juga kepada para pemanah untuk titis 1, titis 2 dan titis 3 pada masing masing kategori.

Dalam ajang Gladen Alit tersebut diperoleh pemenang dengan kategori Titis 1 adalah Iwan dari Banyumas, Titis 2, Yulianta dari Pujokusuman dan Titis 3, Joko dari Minomartani.