IREDA FEST KEMBALI GUNCANG KEPARAKAN

Keparakan - Ireda Fest sejatinya merupakan upaya mengangkat Potensi Budaya dan UMKM yang ada di wilayah Kelurahan Keparakan yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Setelah sempat terhenti akibat Pandemi COVID 19 maka tahun ini Kelurahan Keparakan menyelenggarakan kembali Ireda Fest pada hari Sabtu 21 Oktober 2023 yang mengambil tempat di Jalan Ireda depan Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja DIY. Disamping itu acara ini juga masih terkait dengan peringatan HUT Kota Yogyakarta. Mengusung tema Sumunaring Asta Luhur Ngabekti, kegiatan diawali dari Senam sehat, Gelar potensi UMKM, Lomba Mewarnai anak, Pawai Budaya dan Pentas Seni pada malam harinya.

Ireda Fest kali ini diikuti oleh 4 (empat) kampung yang ada di wilayah Kelurahan Keparakan yaitu Kampung Dipowinatan, Kampung Pujokusuman, Kampung Keparakan lor dan Kampung Keparakan Kidul. Disamping itu turut serta pula Forum PAUD se Keparakan dan dari KWT Alamanda. Yang menjadi magnet dari Ireda Fest kali ini adalah pawai Budaya kolosal yang menghadirkan barisan Bregodo, barongan serta parade dari masing masing kampung dengan kostum yang menarik perhatian para penonton disepanjang rute yang dilalui. Pawai ditutup dengan rayahan gunungan makan dan gunungan kerajinan kulit.

Malam Puncak Acara diisi dengan menampilkan potensi seni dari masing masing kampung. Pada kesempatan kali ini dilakukan peluncuran logo MG-1 sebagai wadah brand UMKM di wilayah Kelurahan Keparakan. Peluncuran dilakukan oleh Mantri Pamong Praja Mergangsan yang pada kesempatan kali ini diwakili oleh Mantri Anom, Forkopimtren Mergangan serta Dari Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta.