PENGUATAN LITERASI MELALUI PELATIHAN MENULIS AKSARA JAWA

KEPARAKAN - Dewasa ini di lingkungan masyarakat jawa khususnya generasi muda penggunaan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari hari cenderung mengalami penurunan apalagi dalam penulisan aksara Jawa. Hal ini menjadi perhatian bagi sebagian masyarakat yang mempunyai kepedulian terhadap pelestarian budaya jawa untuk mencoba mengenalkan kembali kepada masyarakat tentang tata cara penulisan Aksara Jawa sesuai dengan kaidah yang benar.

Kelurahan Keparakan yang memiliki Kampung Budaya di wilayahnya mencoba concern terhadap pelestarian budaya jawa dalam hal ini memfasilitasi Kegiatan "Pelatihan Menulis Aksara Jawa" yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 18 Maret 2023 di Pendopo Bima Jaya Kelurahan Keparakan. Kegiatan ini menghadirkan Narasumber Sinar Indra Krisnawan dan Syafaat Noor Rahman. Hadir dalam acara tersebut Lurah Keparakan Yusup Ahbari, para tokoh masyarakat serta generasi muda.

Lurah Keparakan Yusup Ahbari sangat mengapresiasi terselenggaranya acara ini dan berharap kedepannya pelatihan semacam ini bisa lebih banyak lagi menyasar generasi muda. Yusup berharap acara ini bisa menjadi salah satu cara untuk menguatkan Literasi Bahasa Jawa khususnya bagi masyarakat di Kelurahan Keparakan.