Sosialisasi Kepemiluan bagi Anggota Satlinmas di Kelurahan Keparakan

Kelurahan Keparakan - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Daerah Istimewa Yogyakarta bekerja sama dengan Kelurahan Keparakan menyelenggarakan Sosialisasi Kepemiluan bagi anggota Satlinmas Senin (06/03/2023) di Gedung Pertemuan Dwi Pari Jalan Tamansiswa Yogyakarta. Kegiatan ini dihadiri perwakilan dari Komisi A DPRD DIY, Bawaslu, Satpol PP DIY, Polda DIY, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Lurah Keparakan, dan anggota Satlinmas serta pemuda dan tokoh masyarakat di Kelurahan Keparakan.

Dalam ksempatan ini Lurah Keparakan, Yusup Ahbari membuka kegiatan sosialisasi kepemiluan dan sekaligus memberikan sambutan dengan mengapresiasi  dan mengucapkan terima kasih kepada narasumber dan seluruh peserta sosialisasi kepemiluan khususnya bagi anggota Satlinmas Kelurahan Keparakan atas partisipasinya telah mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Yusup menjelaskan bahwa proses tahapan pemilu telah dilaksanakan dari pembentukan PPK, PPS, Pantarlih dan pengawas pemilu di wilayahnya.  "Semoga proses pemilu 2024 berjalan dengan aman, tertib, dan lancar, serta meminimalisir gangguan terhadap proses penyelenggaraan Pemilu" ungkap Yusup.

Narasumber pertama dari Komisi A DPRD Propinsi DIY, Eko Suwanto menjelaskan bagaimana kesiapan dari anggota Satlinmas khususnya di Kelurahan Keparakan dalam menghadapi penyelenggaraan proses Pemilu mendatang, maka diperlukan koordinasi dan kerjasama dari aparat keamanan setempat. Disampaikan juga tugas dan tanggungjawab Satlinmas yang begitu berat karena harus bekerja 24 jam menjaga dan mengamankan proses jalannya Pemilu. Satlinmas harus menjaga kesehatan dan stamina sebelum pelaksanaan Pemilu dilaksanakan.

Narasumber kedua dari Bawaslu yang diwakili oleh M. Zaenuri Ihsan menyampaikan materi "Urgensi Pengawasan Pemilu Parsitipatif". Zaenuri menjelaskan tentang perpektif pengawasan pemilu dimana kompetisi politik yang rentan terjadinya pelanggaran yang berpotensi menggangu intergritas Pemilu. Untuk menjamin integritas tersebut diperlukan pengawasan di setiap tahapan Pemilu oleh Pengawas Pemilu dan partisipasi publik. 

Narasumber kterakhir AKBP Nunuk Widiastuti dari Ditbinmas Polda DIY. Dalam kesempatan itu, Nunuk menyampaikan materi tentang "Peran Satlinmas dalam Menjaga Stabilitas Keamanan pada saat Pemilu 2024" dengan menekankan pada tindakan mengantisipasi potensi gangguan keamanan meliputi polarisasi politik, politik indentitas, politik uang, berita bohong /hoaks dan ujaran kebencian.#