INISIASI PEMBERSIHAN LAPAK PKL SEKITAR MAKAM SASONOLOYO

Keparakan-Minggu, 6 Maret 2022 dilaksanakan pembersihan lapak-lapak PKL tepi Jl.Ireda tepatnya di sekitar makam Sasonoloyo Yogyakarta  sisi timur. Pembersihan dilakukan secara gotong-royong kolaborasi antara pemilik lapak dan para pedagang yang tergabung dalam Paguyuban PKL Jl.Ireda. Hadir dalam acara Ketua RW 07, Perangkat Kelurahan Keparakan yakni Sekertaris Kelurahan dan Linmas Kelurahan Keparakan serta Babinkamtibmas Keparakan. Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.00 WIB sampai tengah hari. 

Ketua RW 07, Septin Kornella, menjelaskan bahwa sebelumnya telah dilaksanakan pertemuan dengan pKL yang berjualan di sekitar makam sosobnoloyo berjumlah 16 pedagang. Pertemuan dilaksanakan di rumah Ketua RW 07. Dalam pertemuan telah disepakati bahwa lapak-lapak yang sudah mangkrak dan tidak digunakan lagi untuk berjualan akan dibongkar dan dibersihkan.

Lebih lanjaut, Septin juga menjelaskan bahwa keberadaan lapa-lapak yang mangkrak mengganggu pandangan dan terkesan tidak tertata dengan baik. Terhadap lapak yang masih dipakai tidak dibongkar tetapi akan dilakukan penataan. Lala, panggialan akrab Ketua RW 07, juga menjelaskan bahwa pembersihan lapak yang mangkrak untuk menciptakan lingkungan berjualan yang memiiki budaya bersih, budaya sehat. 

Sementara Sekretaris Kelurahan Keparakan, Suprihanto, menjelaskan bahwa lapak yang dibongkar kondisinya sudah  rusak. Bekas bongkaran dibuang ke TPA terdekat dengan angkutan mobil pickup. Selain pembersihan lapak juga membersihkan lingkungan sekitar lapak seperti pemotongan ranting-ranting pohon yang menenutupi lapak.

Keterangan foto : Suasana pembersihan lapak PKL sekitar makam Sosoloyo Yogyakarta