LOUNCHING 'KAMPUNG KEMBAR' DI KEPARAKAN LOR

Keparakan-Sabtu, 12 Februari 2022, dilaksanakan acara launching Kampung Kembar dengan tajuk 'Sinau Bareng Telung Kampung'. Acara mengambil lokasi di RTHP (Ruang Terbuka Hijau Keparakan Lor, RW 10 dan dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Hadir dalam acara Wakil Walikota Yogyakarta, Kepala Dinas Parwisata Kota Yogyakarta, Kepala Bagian Kesra Setda Kota Yogyakarta, Danramil Mergangsan, Mantri Pamong Praja (MPP) Kemantren Mergangsan, Gondomanan dan Pakualaman, Perwakilan dari kelurahan di kemantren Mergangsan, Gondomanan dan Pakualaman. Babinkamtibmas, Babinsa dan perangkat RW di Kampung Keparakan Lor juga hadir. Anak-anak yang akan pentas kesenian dan ibu-ibu kelompok senam/dance juga sudah siap di lokasi. Tidak ketinggalan masyarakat sekitar juga ikut menyaksikan acara.

Launching diawali dengan sambutan dari Wakil Walikota dan dilanjutkan dengan pentas kesenian. Wakil Walikota dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kampung Kembar sebagai upaya baru dalam pemberdayaan masyarakat, seperti yang telah dilakukan Pemkot semisal Gandeng Gendong. Terpisah Ketua RW 10 menyampaikan kampung kembar terdiri dari tiga Kampung di tiga kemantren yakni, Kampung Keparakan Lor di Kemantren Mergangsan, Kampung Ratmakan di Kemantren Gondomanan dan Kampung Gunung Ketur di Kemantren Pakualaman.

Acara launching Kampung Kembar melibatkan tiga Kampung yakni Kampung Keparakan Lor (Mergangsan), Kampung Ratmakan (Gondomanan) dan Kampung GunungKetur (Pakualaman). Kegiatan lauching diawali dengan rangkaian acara di Kampung Keparakan Lor dan berlanjut di dua kampung lainnya. Perjalanan menuju kampung Ratmakan dan Gunung Ketur dilakukan dengan kemasan Gowes (bersepeda). Wakil Walikota didampingi oleh MPP Mergangsan dan Gondomanan serta diikuti oleh peserta.

Sebelum memasuki arena pentas, Wakil Walikota, Kepala Dinas Parwisata, MPP Mergangsan dan Gondomanan diberi kesempatan mencoba alat permainan tradisional yaitu Egrang dan Bakiak. Pentas kesenian yang ditampilkan adalah tarian anak-anak dari Sanggar Seni 'Bima Jaya' Kelurahan Keparakan dan kelompok dance di Keparakan dari kalangan ibu-ibu. Selesai menyaksikan pentas kesenian dilaksanakan permainan tradisional yakni Dakon dan Bola Bekel oleh Bapak Wakil Walikota, Kepala Dinas Pariwisata dan Bapak MPP Mergangsan, Gondomanan dan Pakualaman. Selanjutnya Wakil Walikota melanjutkan perjalanan menuju Kampung Ratmakan dan Gunung Ketur.

Keterangan Foto : Wakil Walikota saat menyampaikan sambutan