PERENCANAAN PEMBANGUNAN TAHUN 2023

Keparakan-Kelurahan Keparakan kembali melaksanakan rapat dengan perangkat wilayah pada Minggu 2  Januari 2023. Kegiatan tersebut dalam rangka membahas pengusulan rencana pembangunan di wilayah Keparakan, sebagai tindaklanjut dari pengusulan rencana pembangunan telah dilaksanakan di masing- masing Kampung. Pertemuan dilaksanakan di Pendopo Bima Jaya Kelurahan Keparakan pada jam 19.00 WIB.

Hadir dalam pertemuan Lurah Keparakan, Ketua LPMK, Ketua RW, Perwakilan Lembaga Kelurahan seperti PKK, Kesi dan perwakilan Pengurus LPMK. Acara dibuka oleh Lurah Keparakan dan selanjutnya pembahasan dipandu oleh Ketua LPMK Keparakan.

Dalam sambutannya Lurah Keparakan menyampaikan pagu anggaran untuk pembangunan di Keparakan tahun 2023. Anggaran disediakan untuk beberapa item perencanaan yaitu perencanaan pembangunan strategis (fisik), usulan utama, usulan pendukung dan kegiatan pemberdayaan seerta kegiatan operasional kelembagaan Kelurahan.

Peserta rapat sudah diberi materi pembahasan yang telah dipersiapkan oleh Kelurahan. Dalam materi sudah terangkum semua usulan yang diajukan dari masing-masing Kampung. Guna memudahkan pembahasan peserta rapat dikelompokkan berdasarkan domisili Kampung. Hal ini sebagai langkah kelancaran komunikasi antar peserta dalam satu wilayah Kampung karena pembahasan malam itu menyangkut usulan dari masing-masing Kampung.

Kegiatan malam itu terkait dengan agenda perencanaan pembangunan yang dikemas dalam Musrenbang. Sebelum masuk tahap Musrenbang dilakukan kegiatan yang disebut Pra Musrenbang. Pembahasan untuk melihat kegiatan yang diajukan tahun 2023 dan besaran anggaran yang dibutuhkan. Usulan kegiatan fisik dan non fisik yang kewenangan pendanaannya bukan Kelurahan diusulkan pendanaannnya melalui OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sesuai dengan jenis kegiatannya. Semisal usulan perbaikan jalan berbahan aspal diusulkan melalui OPD yakni Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman, usulan pengadaan CCTV melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian.

Sesuai arahan dari Bappeda Kota Yogyakarta tema pembangunan tahun 2023 adalah "PENINGKATAN EKONOMI KREATIF BERBASIS PARIWISATA BUDAYA UNTUK KEBERDAYAAN MASYARAKAT". Perencanaan pembangunan wilayah mengacu Masterplan yang telah diterbitkan di masing-masing kelurahan.  Bappeda telah memberikan panduan bagi Kelurahan dalam pelaksanaan musrenbang berupa buku panduan dan buku kamus usulan.

Salah satu hasil pembahasan yang disepakati adalah perencanaan strategis melanjutkan perencanaan tahun 2022  yakni penataan kawasan sepanjang saluran HKSN. Salurah HKSN membentang di  2  wilayah yakni Kampung Keparakan Kidul dan Kampung Keperakan Lor. Penataan dimulai tahun 2022 dengan lokasi dari sisi selatan, bertepatan dengan lingkungan sekitar Kantor Kelurahan Keparakan, yang berada di wilayah Kampung Keparakan Kidul dan akan dilanjutkan pada tahun 2023 sampai pada wilayah Kampung Keparakan Lor. Usulan dari masing-masing kampung yang serumpun dijadikan satu kegiatan yang cakupannya oleh Kelurahan, semisal pelatihan pemasaran on line.

Berdasarkan Masterplan diketahui bahwa Kelurahan Keparakan memiliki 4 Kampung dengan branding Kampung Kerajinan di Keparakan Kidul, Kampung Kuliner di Keparakan Lor, Kampung Wisata di Kampung Dipowinatan dan Kampung Seni Budaya di Kampung Pujokusuman. Keberadaan Masterplan yang menyebutkan branding Kampung sebagai rambu-rambu bagi wilayah kampung dalam mengajukan usulan kegiatan.

Hasil pembahasan usulan pada pra musrenbang menjadi bahan dalam penetapan perencanaan pembangunan wilayah yang akan diputuskan dalam agenda Musrenbang. Sesuai rencana Musrenbang Kelurahan Keparakan akan dilaksanakan pada 24 Januari 2023 pukul 13.00 WIB bertempat di Pendopo 'Bima Jaya' Kelurahan Keparakan. Acara Pra Musrenbang juga diselingi perkenalan dengan Sekretaris Kelurahan Keparakan yang mulai menempati jabatan terhitung mulai 28 Desember 2021. Semangat peserta Pra Musrenbang dihadirkan dengan yel yel yang dipandu Ketua LPMK "KEPARAKAN... BANGKIT, KEPARAKAN... MAJU, KEPARAKAN... JAYA... KEPARAKAN, BANGKIT, MAJU, JAYA".

Keterangan foto :Suasana Pra Musrenbang