SINERGITAS PERAN RT RW DALAM PELAYANAN MASYARAKAT

Keparakan-Minggu, 28 Nopember 2021 bertempat di Pendopo 'Bima Jaya' Kelurahan Keparakan dilaksanakan kegiatan bertajuk Sinergitas Peran RT dan RW dalam pelayanan. Kegiatan merupakan salah satu dari kegiatan yang diprogramkan Kemantren Mergangsan untuk tiga kelurahan di Mergangsan. Di Kelurahan Brontokusuman dan Kelurahan Wirogunan sudah terlaksana acara serupa minggu sebelumnya. Hadir dalam acara Anggota Komisi A DPRD Kota Yogyakarta, Plt. Mantri Anom Kemantren Mergangsan, Perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta, Lurah Keparakan dan Ketua LPMK Keparakan.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB dibuka secara resmi oleh Plt. Mantri Anom Kemantren Mergangsan, mewakili Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan. Pesertanya Ketua RT dan Ketua RW terpilih dalam pemilihan Ketua RT dan Ketua RW beberapa waktu sebelumnya. Plt. Mantri Anom Kemantren Mergangsan dalam sambutannya menyampaikan bahwa RT dan RW adalah kepanjangan tangan dari Pemerintah untuk masyarakat. Sebagai nara sumber adalah Anggota Komisi A DPRD Kota Yogyakarta dan Perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta.

Perwakilan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta menyampaikan materi pelayanan yang diselenggarakan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkait mekanisme dan jenis pelayanan. Dari Komisi A DPRD Kota Yogyakarta menyampaikan bahwa kegiatan ini penting karena Dewan dapat mendengar langsung apa yang menjadi keinginan masyarakat.

Setelah nara sumber menyampaikan materi dilanjutkan tanya jawab dengan peserta. Dari peserta menyampaikan permohonan kepada Anggota Dewan untuk mengawal usulan masyarakat terkait pengusulan perbaikan sarana fisik di wilayah. Hal lain yang disampaikan adalah terkait aplikasi Jogja Smart Service (JSS) dan administrasi kependudukan.

Keterangan foto : Suasana kegiatan di pendopo Kelurahan.