LANCAR, VAKSINASI MASSAL DOSIS 2 DI KEPARAKAN

Keparakan-Selasa, 2 November 2021 mulai pukup 07.30 WIB bertempat di Halamaan Kelurahan Keparakan telah dilaksanakan vaksinasi massal dosis 2. Target peserta vaksin sejumlah 501 orang. Jumlah ini merupakan hasil pendataan dari UPT Puskesmas Mergangsan berdasarkan data perseta vaksin dosis 1 yang telah disuntik vaksin. Cakupan peserta adalah utamanya warga yang ber KTP wilayah Keparakan, berdomisili di Keparakan dan warga di luar wilayah Keparakan.

Petugas Tim yang terlibat hanya setengah dari jumlah Tim saat vaksis dosis 1. Hal ini disebabkan jumlah peserta hanya setengah dari jumlah waktu vaksin dosis 1. Personil medis yang terlibat sebagai juru vaksinasi semuanya dari UPT Puskesmas Mergangsan. Personil non medis dari masyarakat Keparakan membantu pelaksanaan vaksin pada bagian pendaftaran dan bagian penghubung serta membantu mengarahkan alur peserta.

Masyarakat peserta vaksin sudah mulai mendatangi lokasi vaksin sejak pukul 07.00 WIB. Pelayanan pendaftaran memberikan keluwesan bagi peserta. Peserta yang datang tidak sesuai jam yang tertera dalam undangan tetap dilayani karena saat vaksin 2 lebih lancar sehingga arus peserta tidak menumpuk pada bagian pendaftaran. Antrian peserta berjalan lancar dengan dipandu oleh petugas penghubung dan pengarah alur vaksin.

Personil yang terlibat dalam vaksin melayani warga yang akan vaksin dengan sigap. Hal terlihat ketika ada warga lansia yang memasuki  tempat vaksin segera petugas mendekati dan mengarahkan ke tempat screaning serta memfasilitasi pendaftarannya. Kesigapan petugas juga ditunjukkan dengan membantu warga disabilitas yang datang dengan diantar naik becak. Petugas melakukan screaning dan suntik vaksin kepada peserta dengan posisi tetap duduk diatas becak. Demikian pula untuk warga yang datang dengan kursi roda,  screaning dan suntik vaksin kepada peserta dengan posisi tetap duduk diatas kursi roda.

Kegiatan vaksin berjalan tertib dan lancar dari awal hingga detik akhir penutupan pendaftaran. Peserta yang datang dengan mengendarai sepeda motor dibantu relawan dari pemuda masyarakat Keparakan dalam menempatkan motornya. Keberadaan relawan untuk pengaturan parkir sangat membantu kelancaran dalam kegiatan karena melancarkan dan menertibkan arus keluar dan masuknya peserta vaksin. Kondisi ini memberikan kenyamanan peserta sehingga peserta merasa lebih tenang dalam mengikuti vaksin.

Antrian peserta kali ini lebih tertib dibanding antrian saat vaksin dosis 1, terutama antrian pada tahap screaning. Petugas dari UPT Puskesmas dengan sigap mengarahkan peserta pada tahap screaning sehingga atrian berjalan tertib berdasarkan nomor antrian.  Sebelum vaksin dimulai Kepala UPT Puskesmas Mergangsan memberikan arahan kepada petugas. 

Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan hadir dan memantau kegiatan ini. Hadir pula Danramil Mergangsan dan beberapa petugas dari Polsek Mergangsan. Kepala UPT Puskesmas Mergangsan memantau dengan seksama jalannya vaksin dari awal hingga akhir kegiatan.

Jumlah peserta yang hadir dan terdaftar pada pendaftaran ada 461 orang. Dari jumlah ini yang berhasil divaksin 431 orang, sisanya tidak lolos screaning karena alasan medis seperti tensi tinggi dan riwayat kesehatan. Peserta yang waktu itu belum berhasil vaksin diarahkan untuk vaksin pada lokasi lain yang terdekat semisal di UPT Puskesmas Mergangsan.  Kegiatan vaksin di Keparakan merupakan salah satu upaya pencapaian target warga Kota Yogyakarta yang sudah mendapat vaksin.  

Keterangan foto : Suasana antrean screaning vaksin dosis 2 di Keparakan