PERSIAPAN VAKSINASI MASSAL DOSIS 2 DI KEPARAKAN

Keparakan-Kelurahan Keparakan melaksanakan rapat pada hari Rabu, 27 Oktober 2021 pukul 13.00 WIB di Pendopo 'Bima Jaya' Keparakan. Rapat membahas persiapan rencana vaksin dosis 2 yang akan dilaksanakan 2 November 2021 di Kelurahan Keparakan. Hadir dalam rapat Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan, Lurah Keparakan, Kepala UPT Puskemas Mergangsan` beserta staf, Babinsa Kelurahan Keparakan, Babinkamtibmas Kelurahan Keparakan dan relawan yang akan terlibat dalam vaksin dosis 2.

Target perserta vaksin dosis 2 adalah 502 orang.  Data adalah hasil rekap dari petugas Puskesmas saat vaksin dosis 1 bulan sebelumnya di Kelurahan Keparakan dengan jenis vaksin Sinovac. 

Rencana pelakasanaan mengikuti tahapan waktu vaksis dosis 1. Pemeriksaan gula darah tidak ada pada vaksin dosis 2. Jumlah petugas yang dilibatkan juga berkurang. Pada vaksin dosis 2 rencana akan ditempatkan petugas screaning 5 tim, juru imunisasi 5 tim, dan petugas entry 8 titik. Jumlah ini berkurang separo dari jumlah saat vaksin dosis 1 karena target peserta juga berkurang hampir setengahnya. Durasi waktu panggilan peserta vaksin juga dikurangi. Pada vaksin dosis 1 waktu panggilan peserta dimulai pukul 07.30 dampai 11.30 namun pada dosis 2 hanya sampai pukul 11.00 WIB. 

Petugas medis yang terlibat dalam vaksin dosis 2 dari UPT Puskesmas Mergangsan. Tenaga non medis yang terlibat dari masyarkat Keparakan yang kemarin sudah ikut dalam vaksin dosis 1.

Peserta vaksin yang berdomisili di Keparakan akan diberikan surat undangan. Pada undangan dituliskan ketentuan membawa kartu vaksin dosis 1 dan datang sesuai jam yang tertera dalam undangan. Hal ini untuk menghindari antrian yang menimbulkan kerumunan yang berlebihan dan peserta tidak terlambat datang ke lokasi vaksin.

Keterangan foto : Suasana rapat persiapan vaksin dosis 2 di Keparakan.