PERSIAPAN TEKNIS VAKSINASI MASSAL DI KELURAHAN KEPARAKAN

Keparakan-Kepala UPT Puskesmas Mergangsan bersama beberapa staf mengadakan pertemuan dengan Lurah Keparakan pada Senin 27 September 2021 pukul 11.00 WIB di Pendopo Kelurahan Keparakan. Tujuan pertemuan membahas rencana teknis pengaturan ruangan atau alur bagi peserta vaksin dan penempatan sarana prasarana pelaksanaan vaksin serta penempatan personil tenaga kesehatan yang akan terlibat.

Rencana penempatan ruangan atau alur peserta vaksin yaitu : pendaftaran, screening (tensi dan deteksi riawayat kesehatan), tes gula darah, vaksin, observasi dan pemberian kartu vaksin. Alur ini untuk peserta yang lolos screening dan layak untuk divaksin. Setelah suntuk vaksin perserta menunggu sekitar 15 menit untuk mendeteksi reaksi yang dirasakan peserta. Bagi peserta yang tidak lolos screening dengan alur : pendaftaran, screening (tensi dan deteksi riawayat kesehatan), tes gula darah dan peserta dapat  kembali ke rumah atau keluar dari area vaksin.

Rencana pemanfaatan ruangan yaitu : pendaftaran di depan pintu masuk Kelurahan, tempat screening di halaman kelurahan sisi selatan, tempat tes gula darah di teras sisi barat (bagi peserta yang layak vaksin) dan di depan pendopo sisi utara (bagi yang tidak layak vaksin), tempat observasi di pendopo, tempat vaksin di dalam ruang kantor kelurahan. Penempatan tim screening direncanakan 10 tim, observasi 9 tim dan vaksinator 10 tim, tes gula darah 2 tim.

Personil pendaftaran disiapkan dari wilayah, personil screening semuanya ditangani tenaga kesehatan yang berkomtensi dibidang kesehatan (perawat/dokter) dari Puskesmas dan dari masyarakat, personil observasi ditangani petugas dari Puskesmas, personil ditangani oleh tenaga kesehatan dan didampingi oleh satu tenaga dari masyarakat atau puskesmas dan personil tes gula darah ditangani oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Mergangsan.

Untuk kebutuhan entry data peserta vaksin secara online sudah disiapkan laptop dari Puskesmas dan sebagian dari Kemantren. Guna mendukung stabilitas jaringan internet telah disiapkan tambahan Wifi di Pendopo Kelurahan dan kabel jaringan sesuai kebutuhan.

Kelurahan sudah mengirimkan pemberitahuan kepada wilayah sekitar kelurahan tentang rencana kegiatan vaksin dan rencana penutupan jalan depan Kelurahan selama pelaksanaan vaksin.

Data sasaran perserta berdasar data di Aplikasi Jogja Smart Service (JSS) yang berstatus belum vaksin. Undangan peserta vaksin sudah dikirim melalui Ketua RT se Kelurahan Keparakan dimulai dari jam 07.30 WIB sampai 11.00 WIB untuk 890 orang peserta. Ketua RT juga diberikan lembar konfirmasi untuk calon peserta vaksin karena dimungkinkan ada peserta yang sudah vaksin melalui pendaftaran di luar aplikasi JSS dan vaksinnya di luar Kota Yogyakarta yang datanya belum terekam di aplikasi JSS.

Keterangan foto : Suasana pertemuan Kepala UPT Puskesmas Mergangsan dan Lurah Keparakan.