Kader GISA

KEPARAKAN-Jumat, (25-6-2021) Kelurahan Keparakan menyelenggarakan rapat koordinasi membahas kader GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan). Peserta rapat adalah Perangkat Kelurahan, Ketua Kampung dan Kader Gisa yang diusulkan dari tiap-tiap kampung. Jumlah kader setiap kampung tidak sama tergantung dari usulan yang diajukan. Rapat tersebut merupakan koordinasi awal dengan bahasan informasi seputar kader Gisa.

Kelurahan Keparakan mengirimkan surat permohonan pengusulan kader kepada Ketua Kampung pada awal Juni 2021. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut surat permohonan personil kader gisa dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Yogyakarta. Sesuai arahan dari Dinas bahwa pengusulan personil kader berbasis Kampung sehingga  disetiap kampung terdapat kader Gisa dan 1 (satu) orang sebagai koordinatornya.

Jumlah yang diusulkan sebagai kader Gisa dan koordinator dari tiap kampung yaitu :

  1. Kampung Pujokusuman = 3 orang, kordinator Bp. Windratmoko
  2. Kampung Dipowiantan = 7 orang, kordinator Bp. Drs. Agus Sutopo
  3. Kampung Keparakan Lor = 4 orang, koordinator Bp. Anjar Rismawan
  4. Kampung Keparakan Kidul = 10 orang, koordinator Bp. Harris Syarif Usman, SH,SPK

Jumlah personil yang telah diterima kelurahan selanjutnya dikirim ke Dinas untuk dibuatkan Surat Keputusan.

Terkait ketugasan Kader Gisa adalah memfasilitasi, mendorong dan mendampingi warga dalam mengurus administrasi kependudukan berupa KTP, KIA, Akta kelahiran, Akta Kematian, Kartu Keluarga. Keberadaan Kader Gisa diharapkan dapat mendorong tertib administrasi kependudukan.

Keterangan gambar : Suasa rapat koordinasi Kader Gisa