SINAU PANCASILA

KEPARAKAN-Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  Kota Yogyakarta menyelenggarakan acara bertajuk "Sinau Pancasila". Acara diselenggarakan pada hari Selasa 8 Juni 2021 dimulai jam 12.30 WIB bertempat di Pendopo Bima Jaya Kelurahan Keparakan. Peserta Sinau Pancasila terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, remaja-siswa sekolah dan pemuda. Peserta didominasi dari kalangan remaja-siswa dan pemuda.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik  Kota Yogyakarta, Mantri Pamongpraja Kemantren Mergangsan, Lurah Keparakan. Pembicara atau Narasumber adalah Anggota Komisi A DPRD Kota Yogyakarta dan dari Pusat Studi Pancasila. Pada kesempatan itu Bapak Wakil Walikota Yogyakarta juga hadir sebagai pembicara.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama dengan posisi berdiri dilanjutkan sambutan dari Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan dan sambutan dan pembukaan secara resmi kegiatan Sinau Pancasila oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta. Tampil sebagai pembicara pertama adalah Anggota Komisi A DPRD Kota Yogyakarta, dilanjutkan pembicara kedua dari Pusat Studi Pancasila dan terakhir Wakil Walikota Yogyakarta.

Setelah selesai sesi penyampaian materi oleh pembicara dilanjutkan dengan sesi tanyajawab. Dalam sesi penyampaian materi dan sesi tanyajawab peserta tampak antusias mengikuti. Peserta bertambah semangat saat Wakil Walikota Yogyakarta tampil di muka audien. Wakil Walikota menyampaikan beberapa hal terkait Pancasila dan kaitannya dengan pandemik Covid-19. Kegaitan Sinau  Pancasila yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Yogyakarta akan berlanjut di Kelurahan lain sesuai rencana. Kelurahan yang akan menjadi tempat kegiatan ada 20 (dua puluh) Kelurahan se Kota Yogyakarta untuk Tahun 2021.

 

Keterangan gambar : Suasana peserta Sinau Pancasila