Pelatihan Lorong Sayur

KEPARAKAN-Kelurahan Keparakan mengadakan pelatihan lorong sayur pada hari Senin 7 September 2020 mulai pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Rapat Golong Gilig. Peserta pelatihan adalah warga Keparakan yang berminat dalam kegiatan penanaman sayuran sebanyak 30 orang. Acara dibuka oleh Lurah Keparakan dengan menyampaikan sambutan singkat dengan nara sumber dari Pokja III Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, Winaryati, yang merupakan penyuluh swadaya pertanian.

Peserta pelatihan dibekali materi teori dan teknis tentang pemanfaatan lahan yang terbatas untuk dijadikan lahan penanaman sayur. Winaryati menilai bahwa antusias dari peserta terlihat dari keseriusan dalam mengikuti pelatihan dan banyaknya pertanyaan yang diajukan saat sesi teori. Aspek penting yang ditekankan pada peserta pelatihan dalam kegiatan lorong sayur yaitu : penghijauan, ketahanan pangan, pemberdayaan masyarakat dan kepedulian terlebih di masa pendemi covid-19.

Dalam pelatihan diselipkan sebuah yel-yel dalam bahawa jawa "ayo nandur opo sing dipangan, mangan opo sing ditandur" (mari menanam apa yang dimakan, makan apa yang ditanam=dalam pengertian menanam tanaman sayur-sayuran yang dapat dikonsumsi). Pelatihan sesuai rencana berlangsung selama 2 (dua) hari dengan nara sumber yang sama dengan materi teori dan praktek sampai tanggal 8 September 2020.

Pada hari ke 2 peserta praktek memindahkan bibit tanaman ke dalam kantung media tanam. Jenis tanaman yang dipakai praktek salah satunya slada. Pemindahan dilakukan dengan melepas kantung plastik pada bibit tanaman untuk selanjutnya dipindah ke kantung media yang telah diberi media tanam.

Keterangan foto :

Suasana pelatihan lorong sayur