Pemanfaatan Internet untuk Pembelajaran Online

Keparakan-Kelurahan Keparakan memberikan fasilitas internet gratis kepada warga Keparakan. Fasilitas yang disediakan berupa akses internet melalui saluran kabel LAN dan melalui Wifi. Pemberian fasilitas adalah mendukung kegiatan belajar secara online untuk kalangan siswa sekolah atau mahasiswa perguruan tinggi.

Lurah Keparakan, Rina Budi Prastiwi, menyampaikan bahwa Kelurahan Keparakan sudah menyampaikan surat pemberitahuan kepada perangkat wilayah (Ketua RT dan Ketua RW) bernomor 420/195 tanggal 26 Agustus 2020 hal penyediaan internet gatis.  Adapun isi lengkap Surat yang dikirim ke RT/RW sebagai berikut :

Dalam rangka recovery pasca pandemi covid-19 Kelurahan Keparakan menyelenggarakan “program internet gratis bagi siswa sekolah/mahasiwa dalam proses pembelajaran secara online”. Program tersebut berbentuk penyediaan jaringan internet gratis di Kantor Kelurahan Keparakan yang bisa dimanfaatkan oleh pelajar/mahasiswa untuk mendownload dan menyelesaikan tugas sekolah/kampus.

Sehubungan dengan program tersebut disampaikan hal-hal sebagai berikut :

1.  Akses internet dengan sarana kabel LAN (Local Area Network) dengan ketentuan :

  1. Diperuntukkan bagi pengguna dengan laptop
  2. Tersedia satu titik jaringan on line di ruang pelayanan dan satu titik di Ruang Rapat Golong Gilig (lantai 2)
  3. Tidak perlu melakukan login JSS
  4. Dapat dilakukan setiap hari dan jam kerja maksimal sampai pukul 20.00 WIB, untuk hari libur dapat berkoordinasi petugas piket Kelurahan (melalui telephone/WA ke nomor : 085292786999 an. Bapak Anjar Rismawan)

2. Akses internet dengan sarana Wifi dengan ketentuan :

  1. Diperuntukkan bagi pengguna dengan handphone maupun laptop
  2. Tersedia di  ruang pendopo kelurahan
  3. Akses secara bersama-sama maksimal 50 (lima puluh) orang
  1. Dapat dilakukan setiap hari dan jam kerja maksimal sampai pukul 20.00 WIB, untuk hari libur dapat berkoordinasi petugas piket Kelurahan (melalui telephon/WA ke nomor : 085292786999 an. Bapak Anjar Rismawan)
  1. Harus login dengan ID JSS / Nomor akun JSS (Jogja Smart Service), apabila

belum memiliki ID JSS maka :

            1) harus membuat akun JSS dengan men-download Aplikasi JSS lewat google play store

            2) mengisi form pendaftaran pada akun JSS sesuai seperti panduan (terlampir) dengan menyiapkan 

                data NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera di KTP atau Kartu Keluarga.    

Sehubungan dengan hal tersebut dimohon bantuan Ketua RT/RW untuk menginformasikan kepada warga di wilayah sehingga warga mengetahui dan dapat memanfaatkan sarana internet di Kelurahan guna memperlancar tugas-tugas sekolah/kampus.

Demikian atas bantuan dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

Internet menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam rangka pembelajaran secara online. Untuk tersambung ke internet memerlukan kuota yang bisa dibeli di counter penjualan pulsa dan kuota internet dengan harga dan paket kuota sesuai yang dikeluarkan oleh masing-masing perusahaan komunikasi. Dengan adanya fasilitas internet gratis di Kelurahan Keparakan dapat mengurangi beban orang tua siswa dalam hal pembiayaan kuota internet.